Rabu, 09 Juni 2010

7 Cara Lawan Penuaan Dini

KULITseperti juga bagian tubuh lainnya memerlukan perhatian dan perawatan menyeluruh. Tujuannya untuk membuat kulit tetap halus, kencang,dan sehat.


Namun, gaya hidup tidak sehat dan polusi di sekitar kita bisa memberi dampak negatif terhadap kulit sehingga menjadikannya menua, kering, dan kusam. Penuaan dini kendati meru-pakan fenomena umum,sebenarnya bisa disiasati tanpa harus melakukan prosedur radikal layaknya operasi atau treatment dengan laser. Bagaimana caranya? Juliana Yu MDH,cosmetologist dari Aesthetician House of Skinovation, Jakarta,memberikan tips agar kulit senantiasa terlihat muda, segar,dan bercahaya.

1. Hindari Rokok

Meskipun Anda bukan perokok, asap rokok yang ada di sekitar Anda bisa membuat kulit kering dan mempertajam kerut. Nikotin dan kandungan lain yang terdapat dalam asap rokok juga bisa mengurangi kadar vitamin C dalam tubuh. Padahal, vitamin tersebut merupakan agen utama untuk mempertahankan kesegaran dan kelembapan kulit.

2. Kurangi Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) bisa menembus masuk ke dalam jaringan kulit dan membuatnya berkerut, kering, dan terbakar. Bahkan, bila kulit terpapar secara terus-menerus tanpa perlindungan, bisa menimbulkan kanker kulit. Karenanya, selalu lindungi kulit wajah dan tubuh dengan tabir surya (sunblock). Untuk wajah, lapisi juga dengan moisturizerdan foundationuntuk perlindungan ganda. SPF 15 sudah cukup mengatasi paparan sinar UV, terutama bila Anda bekerja dalam ruang. Untuk mereka yang kerap bekerja di lapangan, akan lebih baik bila menggunakan SPF dengan kadar lebih tinggi.

3. Kurangi Penggunaan AC

Bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan, pengondisi udara (air conditioner/AC) menjadi musuh utama bagi kulit. Udara sejuk yang dikeluarkan ternyata berkontribusi membuat kulit menjadi kering dan kusam. Karena itu, gunakan pelembap sebelum mengaplikasikan tata rias. Ulangi saat kulit wajah terasa kering.

4. Praktikkan Gaya Hidup Sehat

Semua orang rasanya sudah mafhum dengan tips ini. Gaya hidup sehat, termasuk berolahraga rutin dan mengonsumsi cukup serat, karbohidrat, dan protein, akan membawa dampak baik bagi tubuh. Bukan hanya dalam arti sehat secara fisik,tapi juga jiwa. Hal ini tentu akan tercermin dari kulit yang terlihat cerah bersinar. Bila Anda merasa sulit mempraktikkan hal ini, cobalah selangkah demi selangkah. Mulailah dengan mengonsumsi buah dan sayur berwarna, seperti wortel, tomat, ataupun apel. Itu akan meningkatkan kadar vitamin dan mineral dalam tubuh yang secara tidak langsung juga meningkatkan kolagen sehingga kulit terlihat kenyal dan sehat.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Manfaat air bagi kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Air berfungsi sebagai agen detoksifikasi yang membantu racun keluar dari tubuh. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga akan menjaga kelembapan kulit.

6. Lakukan Manajemen Stres

Stres bisa menjadi masalah bagi kesehatan juga kecantikan. Stres berlebih, bahkan bisa terlihat dari kondisi kulit, seperti munculnya bercak hitam,warna kulit yang tidak merata, keriput, dan tekstur kulit yang tidak lagi halus. Karena itu, Anda harus mampu memanajemen stres agar kecantikan dan kesehatan kulit senantiasa terjaga. Caranya, lakukan meditasi, yoga, ataupun stretching ringan untuk membantu mereduksi stres dan membuat Anda terlihat muda.

7. Gunakan Kosmetik secara Tepat

Kosmetik yang baik akan membuat kulit yang sehat lebih terlihat bersinar.Tapi,jangan menggunakan kosmetik berlebih.Kosmetik yang terlalu “berat” akan membebani kulit wajah,menutup pori-pori,dan membuatnya tidak bisa bernapas. Gunakan kosmetik sesuai jenis kulit dan lakukan perawatan wajah sebelumdansesudahmenggunakan make up untuk mempertahankan kesegaran kulit.

Tidak ada komentar: